Join or Advertise +6285397694900 (Widya), +628524211999 (Lisa)

Real Count Pilkada Bisa Diketahui Melalui Aplikasi Situng

  • 19 Juni 2018 17:04
blog post

Sumber Foto: KPU RI

RAKYATKU.COM - Hasil perolehan suara Pilkada serentak 2018 bisa diketahui secara real time melalui aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Aplikasi ini milik KPU RI.

Situng akan digunakan usai pemungutan suara 27 Juni 2018. Hasil coblos ditiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dikirimkan secara online untuk kemudian dilakukan rekap secara cepat.

Situng merupakan aplikasi yang digunakan untuk memastikan penyelenggaraan hasil hitung ditiap TPS cepat diketahui serta berjalan transparan. Selain itu juga mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal hasil pilkada kepada masyarakat.

Fungsi dari situng menampilkan hasil pemungutan suara mulai tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke tingkat pusat. 

Ada tiga jenis penggunaan aplikasi Situng antara lain sebagai alat pindai scan form C1 (TPS), DAA (Kelurahan/Desa), DA1 (Kecamatan), DB1 (Kabupaten), dan DC1 (Provinsi) untuk Pilgub. Situng juga sebagai entry data form C1, terakhir sebagai penggunaan Aplikasi Excel Form DAA, DA1, DB1, dan DC1.

Meski demikian, hasil rekapitulasi Situng bukanlah yang menjadi acuan pemilihan sebab hasil rekapitulasi akhir tetap berdasarkan penghitungan manual secara berjenjang. 

  • Mulyadi Abdillah

Comment